Growth Hacking

Contoh Visi dan Misi Perusahaan + Cara Membuatnya


Banyak dari kita yang sudah mendengar istilah Visi dan Misi, Baik itu instansi pendidikan, perusahaan, retail, organisasi bahkan sampai instansi pemerintahan. Meskipun sudah sering mendengar, tapi mungkin masih banyak dari kita yang bingung arti dari istilah ini.

Beberapa pertanyaan pun muncul seperti kenapa kedua hal ini penting untuk ada pada perusahaan? Dan kenapa kedua hal ini sangat bersamaan? Mari kita bahas pada artikel ini.

Pengertian Visi

Visi adalah tujuan, target, atau goals yang ingin dicapai atau harus terwujud dalam kurun waktu tertentu atau mungkin bisa menjadi landasan atau dasar pada suatu perusahaan.

Ketika suatu perusahaan memiliki visi, maka ia telah memiliki tujuan dalam perjalanannya. Perusahaan tersebut menjadi lebih focus dan lebih terarah karena sudah mengerti dan memahami apa tujuan yang menjadi dasarnya untuk terus berkembang dan bertahan.

Layaknya suatu bangunan, visi adalah fondasinya.

– Divedigital

Tanpa fondasi yang kuat dan kokoh, suatu bangunan tidak akan dapat bertahan dari berbagai permasalahan. Seperti gempa bumi,banjir,dan lain sebagainya.

Visi ini juga demikian. Ini akan menjadi acuan bagi karyawan dalam melakukan pekerjaan dan mengatasi setiap permasalahan.

Pengertian Misi

Lalu, apa itu misi? Kenapa dua hal ini selalu berkaitan?

Misi merupakan alasan yang mendasari eksistensi suatu organisasi.

Peter Drucker – Management Consultant

Senada dengan pendapat yang dikemukakan oleh Peter Drucker, pengertian misi menurut seorang mantan Wakil Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif seperti ini

Misi merupakan suatu langkah atau kegiatan yang harus dilaksanakan guna merealisasikan tercapainya visi.

Dr. H. Sapta Nirwandar, S.E

Dari beberapa pengertian di atas maka dapat di simpulkan bahwa misi adalah suatu cara yang harus anda tempuh dan lakukan secara konsisten dan terus menerus demi terwujud nya visi yang sudah anda rencanakan sebelumnya.

Misi merupakan suatu langkah-langkah konkret yang biasanya merupakan poin-point yang harus dilakukan agar tercapai nya suatu target tertentu pada suatu perusahaan. Merumuskan misi di dalam perusahaan akan menjadi sangat penting dan saling berkesinambungan dengan visi yang telah anda buat.

Baca Juga: Cara Membuat SOP Kerja Perusahaan

Visi dan Misi dalam suatu perusahaan seperti suatu kesatuan yang kompleks. Yang satu nya akan menjadi tidak berarti jika yang satu nya tidak ada. Keduanya saling mendukung dan sama-sama berperan besar dan mempengaruhi perkembangan perusahaan anda.

Cara Membuat Visi Perusahaan

Sekarang, anda sudah mengetahui lebih jelas dan mendalam tentang pengertian visi dan misi, nah, agar dapat memudahkan anda untuk menentukan dan membuat visi dan misi perusahaan, berikut beberapa tips nya.

1.Berorientasi Kepada Masa Depan

Suatu visi haruslah memilik tujuan yang jelas dimasa yang akan datang. Apa yang perusahaan inginkan, dan standart seperti apa yang diharapkan ada pada perusahaan adalah point utama yang akan digunakan untuk membuat visi.

Visi harus terstruktur dengan jelas, karena inilah yang akan menjadi titik awal, serta yang akan menjadi acuan, apakah perusahaan bisa berkembang dan dapat menunjukan eksistensinya atau tidak.

2. Mampu Menumbuhkan Optimisme

Misi harus dibuat degan singkat dan padat agar setiap karyawan bisa mengingat hal tersebut dengan mudah. Selain kata yang mudah di ingat, pengunaan setiap kalima yang ada pada visi harus bisa menumbuhkan semangat.

Cara seperti ini jauh lebih efektif untuk membuat setiap karyawan perusahaan mampu bekerja dengan maksimal.

Cara Membuat Misi Perusahaan

Ada dua tips yang bisa kita gunakan untuk membuat misi yang baik, simak dibawah ini.

1. Rumuskan Langkah-Langkah

Misi merupakan suatu langkah konkret yang akan membantu mewujudkan tujuan perusahaan. Misi akan lebih mudah jika di paparkan dalam beberpa point, namun jika dijabarkan dalam satu kalimat juga tidak masalah.

Karena yang terpenting adalah, langkah-langkah yang dilakukan harus jelas dan mudah dipahami oleh setiap karyawan sehingga mereka lebih mudah menganalisa dan kemudian mulai mengaplikasikan nya dalam budaya kerja mereka sehari-hari.

2. Tentukan Target

Untuk beberapa perusahaan, menentukan target pada misi mereka merupakan suatu bentuk motivasi dan membuat langkah mereka lebih terarah.

Misalnya jika sebuah perusahaan bergerak di bidang ritel, kita bisa membuat misi perusahaan dengan mencantumkan berapa nilai omzet yang harus dicapai oleh perusahaan dalam kurun waktu satu tahun.

Dengan adanya target tersebut, diharapkan karyawan akan lebih terpacu untuk meningkatkan penjualan, kualitas pelayanan, dan lain sebagainya.

Contoh Visi dan Misi Perusahaan

Untuk memudahkan kamu dalam membuat hal ini, Divedigital juga akan memberikan beberapa contoh visi dan misi perusahaan yang selama ini menjadi unicorn-nya Indonesia.

Gojek

Nama Gojek tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di kota besar yang selalu berjobaku dengan masalah macet.

Kini perusahaan tersebut tidak hanya melayani booking ojek online saja, namun juga merambah market lain seperti pembayaran, kuliner, sampai dengan kecantikan.

Seperti inilah visi dan misi perusahaan Gojek.

Contoh Visi Misi Gojek

Bukalapak

Nama unicorn lain yang tidak kalah populler dan lebih dulu mengudara adalah Bukalapak, sebuah toko online yang dengan gebrakannya mampu menumbuhkan dan memberdayakan UMKM di Indonesia.

Visi dan Misi Bukalapak inipun bisa anda gunakan sebagai inspirasi untuk membangun perusahaan anda sendiri.

Contoh visi misi Bukalapak

Sekarang kamu sudah mengetahui pengertian visi dan misi perusahaan, cara membuatnya, dan betapa pentingnya kedua hal tersebut untuk ada di dalam perusahaan.

Baca Juga: Contoh S&P Agreement

Singkatnya, visi misi adalah bagian yang akan menjadi alasan kenapa perusahaan kamu harus ada dan bagaimana cara melakukannya.

Tanya + Jawab [VISI MISI]

Apa Bedanya Visi & Misi?

Kalau visi lebih menekankan mengenai tujuan yang ingin dicapai di masa yang akan datang, sedangkan misi lebih kepada langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai Goals tersebut.

Kenapa Visi Misi itu Penting?

Hal ini adalah yang menjadi alasan kenapa perusahaan itu harus ada dan terus beroprasi. Beberapa perusahaan yang sudah beroprasi mungkin ada yang tidak membuatnya, namun jika kita lihat jauh sebenarnya mereka memiliki hal ini.

Kenapa Visi Misi Saling Berkaitan?

Karena hal ini seperti dua mata uang, bagian sisi sebelah kanan akan menjadi ada jika sisi kirr juga mampu mendukungnya. Mereka tidak bisa berjalan sendiri-sendiri.

Bagaimana Cara Membuatnya?

Artikel ini menjelaskan kepada kamu tentang bagaimana cara membuat Visi Misi yang bagus, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Ikuti Konten Menarik KAMI

Growth Hacking
Mendorong Organic Growth Sebuah Perusahaan [+CONTOH]
Growth Hacking
Mengelola & Tahapan Ekspansi Bisnis Internasional
Growth Hacking
+7 Contoh Strategi Marketing Terbaik 2020 [Pemasaran]
  • Bisa dibantu membuatkan Visi dan misi Bidang Umum dilembaga pendidikan Islam yang membidangi 1. dapur umum 2. Klinik 3. Keamanan 4. Kendaraan operasional


    • mohon maaf mas Riyadi, kami belum bisa membantu membuatkan, tapi untuk mempermudah, selain beberapa informasi diatas, mungkin bisa menggunakan permasalahan yang ingin diselesaikan bidang terkait, misalkan menyajikan makanan yang 4 sehat 5 sempurna untuk menyuplai kegiatan pendidikan sebagai acuan untuk membuat visi dan misi.

      Anda juga bisa melihat visi dan misi kami disini https://divedigital.id/about/ sebagai contoh