Dokumen Bisnis

Contoh Proposal Kewirausahaan dibidang Makanan [+ STRUKTUR]


Untuk kamu yang saat ini sedang mencari contoh proposal kewirausahaan Divedigital akan memberikan contoh sederhananya yang kemudian bisa kamu kembangkan sendiri.

Semua hal yang kamu butuhkan untuk menaklukkan para investor besar adalah visi serta ide usaha. Tanpa dua hal ini, proposal kamu akan menjadi tumpukan kertas yang tidak ada gunanya.

Sebagus apapun kata-kata yang ada dalam proposal kamu, hal tersebut tidak akan memberikan banyak arti jika ide bisnis tidak menarik. Yuk belajar membuat proposal bisnis yang memikat.

Bagian Terpenting Proposal

Sebelum lebih jauh berbicara tentang contoh proposal usaha, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu apa saja yang sebaiknnya kamu highlights dalam proposal tersebut.

1. Produk dan Gambaran Bisnis

Investor tidak peduli dengan nama produk, mereka hanya ingin mengetahui apa kelebihan dan nilai jual dari produk tersebut. Disini tantangannya, kamu harus bisa mengambarkan kelebihan produk dan juga gambaran bisnis mulai dari produksi hingga distribusi.

Kamu harus dapat menjelaskan keunikan dan nila jual dari rencana bisnis, dan juga potensi pasar yang dapat dikuasai. Usahakan untuk memberikan semua informasi yang dibutuhkah dalam rencana bisnis Anda, akan lebih menarik jika ada data pendukung tentang potensi pasar tersebut.

2. Kondisi Pasar Saat itu

Jelaskan pada investor tentang kondisi lapangan, dan industri apa saja yang mungkin akan terpengaruh dengan rencana bisnis ini. Penjelasan mengenai kompetitor, harga jual, serta rantai distribusi produk adalah poin penting yang harus kamu gambarkan dengan jelas dalam rencana bisnis yang disusun.

Tidak hanya perosalan bisnis saja yang, tetapi juga regulasi-regulasi pemerintah baik pusat, daerah, mau pun aturan otonom organisasi yang mungkin akan bersinggungan dengan bisnis di lapangan.

3. Standar Prosedur Operasi (SOP)

Kita analogikan kalau bisnis 0.1 itu adalah usaha rintisan, 0.2 adalah usaha yang sudah memiliki prospek bagus dan bisa auto pilot, dan 0.3 adalah bisnis yang sudah tidak memiliki banyak kendala.

Harus kita akui bahwa sekarang ini investor membutuhkan usaha dengan level 0.2, yang mana usaha tersebut memiliki prospek bagus dan siap di autopilotkan.

Dalam hal ini segala hal tentang SOP menjadi salah satu hal yang wajib kamu sampaikan, dan ini juga menjadi bukti bahwa semua hal sudah kamu pikirkan dengan matang dan sudah berjalan.

4. Kondisi Finansial

Investor sudah pasti akan memikirkan kemungkinan terburuk dari rencana bisnis yang sedang kamu tawarkan. Disinlah tantangannya, kamu harus bisa meyakinkan Investor bahwa rencana bisnis yang akan kamu tawarkan tidak akan membawa kerugian bagi investor itu sendiri, justru sebuah keuntungan.

Jelaskan dengan gamblang bagaimana kondisi keuangan usaha yang kamu rintis tersebut, dan juga alasan kenapa kamu membutuhkan suntikan dana untuk mengembangan usaha tersebut.

5. Dokumen Pendukung

Kamu membutuhkan portofolio khusus untuk membuat investor tertarik dengan rencana bisnis. Dokumen-dokumen ini akan digunakan untuk memperkuat argumen dan asumsi yang telah kamu bangun.

Beberapa dokumen pendukung yang bisa kamu lampirkan seperti anggaran belanja perusahaan, panduan kebijakan perusahaan, portofolio orang-orang yang bekerja sama, kalau perlu ada pernyataan dari auditor yang menunjukan bahwa perusahaan kamu adalah perusahaan yang sehat.

Struktur Proposal Bisnis

Struktur Proposal Bisnis
Siapkan rencanamu

Mungkin kamu sempat untuk memikirkan mengenai bagaimana sih struktur proposal bisnis yang baik itu? Idealnya, sebuah proposal bisnis memiliki struktur yang seperti ini:

Bab I

  • Latar Belakang
  • Tujuan Pembuatan Produk

Bab III (deskripsi produk)

  • Semua hal tentang Produk
  • proses pembuatan
  • keunggulan dan keunikan
  • bahan baku
  • rencana kemitraan dengan pemasok bahan

Bab III (deskripsi usaha)

  • visis dan misi
  • struktur organiasi

Bab IV (Pemasaran)

  • potensi pasar dari produk yang dijual
  • segementasi pasar
  • strategi penjualan

Bab V (Financial)

  • Modal
  • sumber dan penggunaan
  • laporan keuangan
  • Analisa break even point (titik impas)

Namun harus kita ingat bahwa hal-hal yang sifatnya teknis seperti ini sebenarnya sudah tidak terlalu penting sekarang ini, begitu juga dengan proposal bisnis.

Yang harus kita lakukan dengan proposal ini adalah bagimana kita menjelaskan keunggulan produk, potensi pasar, bagaimana produksinya, lengkap dengan strategi pemasarannya. Dibwah ini akan kami berikan contoh proposal usaha yang sederhana yang bisa kamu kembangkan untuk membuat proposal yang mengesankan.

Contoh Proposal Kewirausahaan Makanan

Dibawah adalah contoh sederhana proposal dibidang makanan yang bisa kamu tiru modelnya untuk kamu terapkan pada ide bisnis kamu:

Contoh Proposal Usaha

Nama Perusahaan : PT INDONESIA ARENAFOODS SEJAHTERA

Visi : Mempopulerkan makanan olahraga khas Indonesia dan membentuk budaya memakan makanan sehat serta higienis untuk pecinta olahraga Indonesia.

Tujuan Utama : Menjual produk-produk makanan olahraga yang sehat dan higienis kepada masyarakat pecinta olahraga, serta membuat budaya makanan & minuman resmi yang mensponsori atau bekerjasama dengan penyelenggara event olahraga.

LATAR BEKALANG

1. Event atau acara olahraga di Indonesia, khususnya sepak bola adalah acara yang memiliki penggemar. Hingga November 2019 (week 26 of 34) total kehadiran penonton Liga 1 di stadion mencapai 2,1 Juta orang, dan 800 ribu orang untuk Liga 2 (fase Perempat Final).

2. Penonton event olahraga memiliki kecenderungan untuk konsumtif bila berhubungan dengan produk makanan. Hal ini terbukti dengan banyaknya penjual makanan khas daerah di area stadion yang selalu terjual habis.

3. Makanan dan minuman yang dijual oleh pedagang di area stadion tidak sepenuhnya sehat, terutama untuk anak-anak. Selain itu, hasil dari penjualan dari makanan selama event tidak memberikan kontribusi pada tim atau pun penyelenggara.

4. Belum pernah ada arenafoods resmi di event olahraga Indonesia, khususnya event sepakbola (Liga 1)

SURVEY PASAR

1. Analisis calon konsumen
Pola konsumsi dari pengunjung event olahraga cenderung unik, mereka memiliki pola konsumsi yang lebih konsumtif daripada orang-orang yang mengunjungi jenis event yang berbeda. Asian Games 2018 contohnya, telah menyumbang 0,05% pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan, dan menyumbang Rp 3,7 triliun dari konsumsi pengunjung selama event, konsumsi makanan dan minuman adalah yang terbesar.

2. Kebutuhan selama event
Umumnya, event olahraga terutama outdoor dimulai siang – sore hari, dan untuk pertandingan sepak bola (Liga 1) dimulai pukul 15.00 atau 15.30. Dalam waktu-waktu ini suhu udara berada dikisaran 34-36 derajat celcius. Ini merupakan suhu yang cukup panas untuk seseorang di luar ruangan.

Oleh karena itu, pengunjung akan lebih tertarik membelanjakan uangnya untuk konsumsi makanan atau pun minuman. Belakangan, banyak pengunjung dewasa yang mengajak anak-anaknya untuk ikut menonton. Itu artinya orang tua akan memillihkan makanan atau minuman yang terjamin kehigienisannya.

PELUANG BISNIS
Indonesia Arenafoods memiliki peluang yang sangat besar sebagai makanan dan minuman resmi selama event. NFL atau National Football League merupakan event olahraga terbesar di Amerika yang terkenal dengan Super Bowl-nya.

Selama event ini berlansung, pihak penyelenggara menjual makanan dan minuman resmi kepada pengunjung. Menu makanan seperti, Hamburger, Hotdog, Pizza, dan minuman bersoda seperti Pepsi menempati top selling di NFL.

Rata-rata total kehadiran di NFL adalah 17 Juta penonton selama musim, dan menikmati arenafoods telah menjadi kebiasaan penonton hadir di pertandingan NFL. Oleh karena itu, berkaca pada keberhasilan arenafoods di event olahraga luar negeri, Indonesia pun dapat memanfaatkan peluang yang sama dengan alasan:

1. Total kehadiran pertandingan sepakbola (Liga 1&2) mencapai 3 juta penonton. Ini merupakan jumlah yang luar biasa untuk sebuah event di Indonesia. Tidaklah sulit mendapat konsumen dari 3 juta orang, terutama bila produk tersebut adalah makanan dan minuman.

2. Masyarakat Indonesia sangatlah konsumtif. Hasil rilis data dari IMF, Rasio Gross National Saving Indonesia per GDP adalah 30,87%. Ini membuktikan bahwa orang Indonesia sangat senang membelanjakan uangnya. Dengan persentasi serendah itu, merupakan kabar sangat baik bagi pertumbuhan bisnis baru.

3. Masyarakat Indonesia sangat mudah terjebak oleh tren. Arenafoods official adalah hal baru di dalam sejarah event olahraga di Indonesia. Asumsinya adalah, tidak ada hal baru yang tidak viral di Indonesia.

4. Masyarakat telah bosan dengan arenafoods konvensional yang biasa dijual di area stadion, tidak ada perkembangan menu makanan. Selain itu, para penjual umumnya menjual dagangannya di luar stadion, dan hanya sedikit pedagang yang masuk kedalam untuk menjajakan makanan di tribun-tribun penonton.

DESKRIPSI BISNIS
Arenafoods adalah bisnis makanan yang berbasis di arena event yang merupakan makanan resmi/official dari penyelenggara event atau tim (home), istlah ini mungkin jarang dipakai di Indonesia. Dalam arenafoods makanan yang dijual adalah makanan yang paling sesuai dengan jenis event dan kondisi di arena. Inti dari arenafoods adalah makanan yang dapat dinikmati dengan mudah ketika pertandingan sedang jeda.

Mempertimbangkan kondisi infrastuktur stadion di Indonesia, arenafoods akan berbentuk tenda/stan/food car. Dengan berbentuk food car tentu lebih memudahkan mobilitas Indonesia Arenafood, selain itu akan memudahkan dalam hal promosi. Arenafood adalah makanan resmi event, oleh karena itu dalam pengemasannya akan menampilkan logo penyelenggara dan/atau logo klub. Hasil dari arenafood akan dibagi sesuai kesepakatan dengan pihak Indonesia Arenafood, penyelenggara, juga klub.

PRODUK Indonesia Arenafoods
Indonesia Arenafood akan membuat berbagai macam produk makanan dan minuman. Jenis makanan yang di jual adalah jenis street food. Seperti Hamburger, Roti Isi, Ketan Keju, Serabi aneka rasa, Jasuke, Lumpia. Serta minuman yang dapat di jual dalam arenafoods car seperti es teh, es coklat, es jeruk, es kopi susu, dan minuman-minuman berkarbonasi.

KEUNIKAN Indonesia Arenafoods

1. Arenafoods belum pernah diterapkan di Indonesia. Ini merupakan jenis bisnis yang benar-benar baru, sehingga hampir tidak ada pesaing di tipe bisnis serupa.

2. Cara pejualan produk Indonesia Arenafoods akan lebih menggunakan food car, dengan pilihan menu street food pula yang begitu disukai oleh masyarakat karena penyajiannya yang mudah dan sederhana.

3. Makanan yang dijual adalah makanan yang dikenal baik oleh masyarakat dengan resep khusus dari Indonesia Arenafoods, sehingga akan ada perbedaan mencolok di kualitas rasa makanan.

4. Seluruh kemasan produk Indonesia Arenafood akan menyesuaikan dengan klub yang sedang bertanding, termasuk pencantuman logo pada kemasan.

5. Produk dari Indonesia Arenafoods adalah produk yang terjamin gizi dan kehigienisannya, hal ini dibuktikan dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh BPOM dan Halal dari MUI.

KESIMPULAN
Bisnis arenafoods akan menjadi bisnis rintisan dan cikal bakal budaya makanan olahraga di Indonesia. Indonesia adalah pangsa pasar yang sempurna untuk bisnis makanan resmi event. Jumlah event olahraga tingkat nasional dan internasional tidak tanggung banyaknya.

Kita masih memiliki even selain sepak bola yang mendatangkan banyak penonto, seperti balap motor, bulu tangkis, basket , liga voli, dan sebagainya. Karena itulah, arenafoods adalah bisnis yang tidak boleh dilewatkan. Dan kami yakin, dalam 2 tahun, kita sudah bisa melewati titik impas atas modal yang telah kita keluarkan.

Tanya + Jawab

Apa Tujuan Pembuatan Proposal Kewirausahaan?

Dalam sebuah bisnis, proposal sendiri digunakan sebagai media untuk menggambarkan bagaimana bisnis tersebut dijalankan. Sederhananya ini adalah proyeksi dari apa yang akan kita jalankan. Tujuanya agar rencana kita dapat disetujua oleh pihak yang akan kita gandeng, entah untuk mendapatkan dana dari investor ataupun hal lain.

Apakah Format Penyususnan Harus Plek seperti contoh diatas?

Kami rasa tidak harus, Tujuan dari pembuatan proposal sendiri adalah untuk menyampaikan gambaran dari rencana yang akan kita lakukan. Kita bisa membuat proposal formal atau sebaliknya, tergantung dari kondisi yang ada. Yang terpenting dari sebuah proposal sendiri menurut kami adalah bagaimana kita menjelaskan tentang masalah, pemecahannya, dan permohonan yang kita ajukan.

Saya Ingin Membuat Proposal, Adakah Template yang Bisa Saya Ikuti?

Dalam pembahasan ini kami sudah memberikan contoh proposal kewirausahaan, khususnya dibidang makanan lengkap dengan struktur formalnya yang bisa anda ikuti dan terapkan dalam ide bisnis kamu.

Ikuti Konten Menarik KAMI

Dokumen Bisnis
Contoh Quotation Letter dan Cara Membuatnya [+docx]
Dokumen Bisnis
9 Contoh Invoice & Cara Membuatnya [LENGKAP]
Dokumen Bisnis
Pengertian S&P Agreement + Contoh
There are currently no comments.