Bahasa Jawa

Satru Artinya dalam Bahasa Jawa dan Sunda Apa? Cek Disini


Denny Caknan adalah salah satu song writer yang selama ini dikenal berkat lagu kartonyono medot janji yang saat ini sudah didengar ribuan kali. Selain kartonyono medot janji dan los dol, ia juga menyanyikan lagu lain yang berjudul ‘Satru’ lagi-lagi ini adalah salah satu istilah yang ada dalam Bahasa Jawa.

Kamu sudah asing dengan lagu satu ini, namun apakah kamu sudah tahu arti dari kata satru itu sendiri? Dari pada bingung yuk kita cari tahu artinya dibawah ini.

Arti Kata Satru dalam Bahasa Jawa dan Sunda

Mungkin amu sudah tahu bahwa kadang ada istilah dalam bahasa Sunda yang pelafalannya sama namun memiliki arti yang berbeda dengan bahasa Jawa. Misalnya kata ‘Gedang’ yang dalam bahasa jawanya adalah pisang, dan bahasa sundanya adalah pepaya.

Bagaimana dengan kata satru? Apakah kata ini juga memiliki arti yang berbeda? Ternyata tidak demikian, arti kata satru dalam bahasa sunda dan jawa adalah sama, yakni hubungan yang tidak harmonis seperti bertengkar atau berselisih paham.

Konteks hubungan yang dimaksud disini bukan hanya pada hubungan dalam percintaan saja, namun juga hubungan lain seperti hubungan pertemanan, hubungan dengan masyarakat, dan hubungan lainnya.

Misalnya kamu dan teman kamu pernah terlibat dalam sebuah percakapan yang alot sehingga kamu berselisih paham dengan ia dan berlanjut hingga diam-diaman, dalam bahasa Jawa atau Sunda, hubungan yang tidak baik seperti ini dinamakan satru.

Baca Juga: Arti Gateli dalam Bahasa Jawa, Apakah Ini Umpatan?

Itulah pembahasan kita tentang satru, semoga pembahasan jika kali ini bisa memberikan tambahan wawasan kamu tentang bahasa jawa dan bahasa sunda ya. Jika tertarik untuk mengetahui istilah bahasa Jawa lainnya, kamu bisa melihatnya disini https://divedigital.id/Artikel/bahasa-jawa/

Bahasa Jawa
Arti Kata Geneya Dalam Bahasa Jawa dan Contoh Kalimatnya
Bahasa Jawa
Arti Kata Dalem Mas atau Sayang Dalam Bahasa Jawa
Bahasa Jawa
Gatel atau Gathel? Inilah Arti Gateli dalam Bahasa Jawa dan Contoh Penggunaanya
There are currently no comments.