Mendengar kata Rahayu, satu hal yang terlintas dikepala mimin adalah seorang teman yang mungil dan memiliki wajah cantik. Rahayu memang identik dengan nama seorang wanita, namun sebenarnya rahayu memiliki arti yang sangat dalam dan positif, sebuah istilah yang diambil dari bahasa Sansekerta. Memang tidak banyak anak muda yang menggunakan kata Rahayu, namun orang zaman dulu, khususnya orang Jawa dan Bali sering sekali menggunakan kata ini, misalnya ‘Salam Rahayu’.

Ingin tahu arti rahayu dalam bahasa jawa atau bali? Kamu bisa menyimak ulasan kami berikut ini.

Arti Kata Rahayu dalam Bahasa Jawa dan Bali

Jika kita merujuk pada Kamu Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Rahayu adalah sebuah kata dalam kelas advjektiva yang artinya selamat atau tentram. Kata rahayu sebenarnya tidak hanya identik dengan orang jawa, namun kata ini juga sering digunakan oleh masyarakat Bali dalam berbagai kegiatan.

Baca Juga: Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake

Di pulau Bali misalnya, orang-orang disana sering menggunakan kara rahayu yang ditambah dengan ‘dumogi’. Dumogi Rahayu sendiri artinya dalam bahasa bali adalah semoga selamat dan santosa, merupakan sebuah kalimat untuk mengekspresikan kepedulian terhadap lawan bicara.

Jika kita bedah lagi berdasarkan suku katanya, kata rahayu memiliki makna yang sangat dalam bagi masyarakat Bali. Ra sendiri artinya adalah Cahaya, dan Hayu merupakan hidup, jadi Rahayu juga bisa dibilang cahaya kehidupan. Sebuah akun facebook bernama Mangku Suro mengatakan bahwa kita bisa benar-benar menikmati indahnya hidup dan kasih sejati jika dalam kerahayuan itu sendiri.

Sedangkan dalam masyarakat Jawa, kata rahayu sering kali dipakai oleh orang Jawa zaman dulu yang selama ini dikenal sebagai Kejawen. Rahayu sendiri diambil dari bahasa yang ada di Sansekerta yang memiliki arti selamat, sejahtera, tidak kekurangan, dan dijauhkan dari adanya musibah atau marabahaya.

Dalam sebuah perkumpulan orang kejawen, biasanya kata Rahayu digunakan sebagai kalimat untuk menyapa orang lain sembari mendoakan agar diberi keselamatan. Secara konsep, kata ini mirip dengan kata Assalamulaikum yang kita kenal dalam agama islam.

Tidak hanya digunakan sebagai kalimat sapaan saja, salam rahayu juga sering digunakan sebagai sebuah penghargaan kepada orang yang mereka kenal, atau orang yang selama ini sudah kita anggap sebagai keluarga untuk memberikan doa agar selalu diberikan keselamatan oleh Tuhan yang maha ESA.

Baca Juga: Peribahasa Becik Ketitik Olo Ketoro

Itulah arti rahayu, baik rahayu versi masyaraat Bali atau masyarakat Jawa sebenarnya tidak terlalu berbeda, bahkan bisa dibilang konsepnya sama. Ini adalah satu peninggalan nenek moyang kita yang sebenarnya keberadaanya mulai ditinggalkan. Kata Rahayu sebenarnya juga bisa menjadi bukti bahwa kita adalah masyarakat yang sangat berbudaya, ini hanya dari pulau jawa dan bali saja lho, pulau-pulau lain pasti juga memiliki hal seperti ini, hanya saja belum tereskpose.

Dapatkan info hot seputar anime dan chit chat bareng pencinta anime lainnya dengan bergabung di grup Telegram "Fandom Anime Indonesia" yang dikelola oleh Divedigital.ID melalui link berikut: https://t.me/fandomanimeid

Write A Comment