Connect with us

Hi, what are you looking for?

Arti Kata

Mengetahui Perbedaan Platform dan Aplikasi

Perbedaan Platform dan Aplikasi

Beberapa waktu lalu kita telah membahas mengenai pengertian platform, dari artikel tersebut kita mengenal platform akhir-akhir ini sering diidentikan dengan sebuah aplikasi, misalkan Gojek, Tokopedia, dan lain sebagainya. Dari hal itu tibulah sebuah pertanyaan, apa perbedaan antara platform dan aplikasi itu?

Bagaimana caranya kita menyebut itu sebagai platform atau aplikasi? Dalam uraian kali ini kami akan mencoba untuk menjawabnya sehingga semuanya menjadi jelas mana yang bisa disebut sebagai platform dan bukan.

Perbedaan Platform dan Aplikasi

Perbedaan antara platform dan aplikasi yang selama ini kita instal di smartphone memang sangat tipis, dan untuk memulainya, mari kita bahas pengertian dari aplikasi dan platform itu sendiri.

Baca Juga: Pengertian Komperhensif Menurut KBBI

KBBI mendifinisakn aplikasi dalam 5 hal, dan yang relevan dengan apa yang kita bahas disini, aplikasi adalah perangkat lunak (software) yang dibuat untuk membantu penggunanya dalam mengerjakan sebuah tugas secara khusus.

Sedangkan platform dalam ilmu komputasi adalah sebuah kerangka, infrastruktur, atau tempat dimana aplikasi-aplikasi tersebut dapat dikembangkan. Yaps, pada dasarnya sebuah platform akan menyediakan infrastrukturnya saja agar aplikasi-aplikasi tersebut dapat dikembangkan agar lebih efektif, murah, dan efisien.

Dari dua pengertian diatas ini bisa kita tarik sebuah perbedaan antara aplikasi dan platform, yaitu output atau yang dihasilkan itu sendiri. Jika aplikasi adalah sebuah alat yang dibuat untuk membantu sebuah tugas dengan hasil tertentu, platform memiliki cakupan dimensi yang lebih luas, dan bahkan output nya antara satu pengguna dan pengguna lain mungkin akan berbeda-beda.

Android Sebagai Platform

Kita semua mengenal dengan sangat baik sistem operasi Android bukan? Android adalah sistem oprasi yang digunakan untuk mengoprasikan perangkat seluler dengan memanfaatkan kernel linux. Kembali kita hubungkan dengan pengertian diatas, android disini bekerja sebagai insfrastrukturnya.

Tujuannya agar para developer (pengembang aplikasi) bisa membuat aplikasi yang memiliki tugas secara khusus, yang nantinya bisa di instal di smartphone. Misalnya kamu adalah seorang fotografer, dan membutuhkan sebuah software untuk mengedit foto.

Kemudian kamu pergi ke Playstore untuk mencari aplikasi eidt foto dan menemukan Adobe Photoshop dan PicSay. Nah Adobe Photoshop dan PicSay inilah yang dinamakan aplikasi karena memiliki tugas yang spesifik, yaitu edit foto.

Baca Juga: Mengetahui Arti Kata Inklusif menurut KBBI

Sedangkan Android yang ada di handphone kamu adalah platform karena berfungsi sebagai insfrastruktur untuk menjalankan aplikasi seperti Adobe Photoshop dan PicSay. Semoga penjelasan kami kali ini bermanfaat ya. Jika kamu memiliki pandangan lain terkait aplikasi dan platform bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ya.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti artinya Buzzer Politik atau artikel lainnya dikategori Arti Kata

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lagi Yuk

Teknologi & Internet

Meskipun teknologi sudah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, namun pendidikan adalah salah satu bidang yang sebenarnya akan menjadi kurang efektif jika di transformasikan ke...

Arti Kata

Dari sekian banyak istilah, platform adalah salah satu hal yang makin kesini semakin sering diucapkan, baik melalui media sosial, media online, dan diberbagai saluran...