Teknologi & Internet

6 Aplikasi Cek PUBEI EYD dan Typo Dokumen Online [+S-P-O-K]


Untuk kamu yang sering menggunakan microsoft word atau aplikasi penulisan lainnya mungkin pernah mengalami masalah terkait salah menulis huruf baku, gramar, atau bahkan typo. Manusia memang tempatnya salah sih, tapi kalau itu adalah dokumen penting seperti buku, tensis, artikel, atau makalah yang harus ditulis secara komprehensif, tentu akan mengurangi nilai dari karya yang kita buat.

Nah kabar baiknya sekarang ini ada banyak aplikasi cek eyd atau gramar untuk bahasa Indonesia yang bisa kamu manfaatkan secara gratis. Dengan aplikasi ini, kita tidak perlu kesulitan lagi karena aplikasi tersebut yang akan memberitahu kita mengenai mana kata yang belum tepat.

6 Aplikasi Cek Eyd PUBEI Online

Untuk kamu yang sudah penasaran dengan aplikasi atau website yang sudah kami sebutkan diatas, silahkan simak artikel kita kali ini.

1. Typograp.com

Tools cek salah ketik pertama yang coba kami perkenalkan kepada kamu adalah typograp.com, sebuah website yang pastinya sangat bermanfaat khusus untuk anda yang saat ini sedang berkutat dengan dokumen. Dengan tampilan yang menarik, dan antarmuka yang mudah untuk digunakan, typograp bisa menjadi teman untuk urusan typo.

Silahkan siapkan dokumen yang ingin kamu lihat kesalahan ketik atau kata bakunya, masukan pada kolom yang sudah disediakan, dan klik proses. Tak lama kemudian website akan memberitahukan kamu bagian-bagian mana yang masih belum benar. Dalam sekali pengecekan, website ini memperbolehkan 500 kata, lebih dari itu, kamu bisa melakukan pengecekan kembali.

2. Microsoft Office

Jika kamu adalah pengguna microsoft, sebenarnya aplikasi pembuat dokumen ini juga memiliki fitur untuk melakukan pengecekan terhadap ejaan. Tidak hanya dalam bahasa Inggris, namun juga bahasa Indonesia lhoo. Namun sebelumnya kamu harus mendownload Language Accessory Pack terlebih dahulu yang sesuai dengan versi laptop kalian.

Dengan bantuan fitur ini, kamu bisa melakukan pengecekan kata baku dan typo secara gratis, bahkan secara offline. Jika kamu ingin menggunakan fitur ini, silahkan download file Language Accessory Pack dibawah ini.

3. Ejaan.id

Namun jika kamu mengingkan aplikasi yang lebih praktis, kamu bisa mengakses website ejaan.id untuk melakukan cek dokumen online. Website ini akan memungkinkan bagi kamu untuk melakukan perbaikan terhadap tulisan jika terjadi kesalahan eyd, atau typo, langsung menggunakan kata yang direkomendasikan oleh KBBI.

Caranya juga cukup sederhana, yakni kamu hanya perlu mengunjungi situsnya, pada bagian homepage pilih coba sekarang, dan masukan teks atau dokumen kamu di form yang sudah ada disana.

4. Typoonline.com

Selanjutnya ada typoonline.com yang menyediakan tools gratis untuk mengecek bagian typo atau salah ketik dari sebuah dokumen. Tidak hanya dalam bentuk dokumen, di situs ini pengguna juga bisa melakukan pengecekan typo menggunakan url jika kamu adalah pemilik website.

Selain menyediakan fitur cek typo, disini kamu juga bisa melihat arti kata yang langsung bersumber dari KBBI. Untuk ukuran aplikasi yang bisa diakses secara gratis, website ini sangat membantu.

5. Google Docs

Tidak hanya cek typo, aplikasi yang diterbitkan oleh Google ini juga memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan cek gramar secara gratis, namun sayangnya aplikasi ini hanya support untuk bahasa Inggris saja, yang dinamakan dengan fitur grammar suggestions.

Jika kamu saat ini sedang membuat tesis atau jurnal dalam bahasa inggris dan membutuhkan aplikasi cek gramar, Google docs bisa kamu manfaatkan secara gratis.

6. KBBI

Dan website cek eyd yang terakhir adalah KBBI yang dibuat oleh kemdikbud.go.id, namun sayangnya di website ini hanya berfungsi untuk melihat arti dari perkata saja, sedangkan jika kamu ingin melakukan pengecekan dalam bentuk dokumen seperti beberapa aplikasi yang sudah kami rekomendasikan, sangat sulit.

Jika kita hendak membuat dokumen resmi, memang ada keharusan untuk menggunakan kata baku, salah dalam menggunakan kata atau bahkan typo akan mengurangi nilai profesionalisme. Beruntungnya sekarang ini sudah banyak aplikasi yang bisa kita manfaatkan, semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti aplikasi dompet digital terbaik atau artikel lainnya dikategori Aplikasi dan Teknologi

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan artikel ini ke social media. Sharing is Caring !!

Teknologi & Internet
Apa itu Data Pribadi dan Bagaimana Perusahaan Mendapatkannya?
Teknologi & Internet
MT4 VS MT5? Mana yang Paling Bagus?
Teknologi & Internet
Apa itu Edmodo? Mengenal Platform Belajar Online Edmodo
  • JeaniJeani

    Author Reply

    Untuk privasi dokumen di website typo online atau ejaan.id gimana? Takutnya ketika cek plagiat malah kedetect karena terpublikasi dari website2 tersebut. Makasih


    • Memang, privasi dan keamanan data pribadi menjadi masalah yang krusial saat ini, namun ada beberapa tools yang memberikan jaminan keamanan terhadap dokumen kita, salah satunya adalah typograp.com mas, semoga bisa menjawab keresahannya ya