Tips Bisnis

Paper.ID: Platform Invoice & Pengelolaan Keuangan [Review]

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu termasuk orang yang percaya dengan ungkapan mengelola usaha bisa dilakukan hanya beberapa orang saja gak sih? Sebagian besar millenial dan Gen Z pasti akan setuju dengan ungkapan diatas karena memang sejak kecil mereka sudah mengenal banyak teknologi yang membuat pekerjaan lebih mudah. Namun jika kamu tidak terbiasa menggunakan teknologi? Artikel kali ini pastinya akan sangat bermanfaat karena kami mereview sebuah platform invoicing dan pengelolaan keuangan yang berasal dari Indonesia.

Nama platformnya adalah Peper.id, sebuah platform yang akan memudahkan kamu dalam mengelola bisnis, khususnya terkait pengelolaan keuangan usaha. Dengan menggunakan tools satu ini, keuangan usaha akan lebih mudah untuk dikelola, dicatat, dan lacak keberadaanya.

Apa itu Paper.ID?

Paper.ID adalah sebuah platform pembayaran dan penagihan invoice B2B (business to business) yang akan memudahkan pemilik usaha untuk menjalankan usaha. Paper.id rilis perdana pada tahun 2017 yang pada saat itu dikenal sebagai platform pembuatan invoice. Setahun setelah rilis perdana, akhirnya pada tahun 2018 paper.id berhasil mendapatkan pengguna hingga mencapai 50.000 pengguna. Seiring berjalannya waktu, layanan yang ada di paper.id terus berkembang, salah satunya adalah Paper Finance Solution yang rilis pada tahun 2019.

Meskipun paper.id memiliki beragam layanan yang berfokus pada B2B, paper.id juga banyak dimanfaatkan oleh pemilik usaha yang berorientasi ke business to customer (B2C). Kebanyakan pengguna memanfaatkan paper.id untuk membuat Invoice, yang bisa langsung dikirim ke pengguna melalui email, whatsApp, atau email secara otomatis atau mendownload PDF nya saja, yang nantinya kita kirim sendiri ke pembeli.

7 Kelebihan Paper.ID Platform Pembayaran & Invoice

Seperti yang kita tahu bahwa Divedigital.ID memiliki beberapa layanan yang sudah berjalan, salah satunya adalah jasa backlink premium, kami juga menggunakan paper.id untuk membuat invoice. Dari pengalaman yang kami lakukan, berikut kelebihan paper.id:

1 Bisa Membuat Invoice

Invoice PAPER ID

Tidak hanya pemilik usaha, bagi seorang freelance, membuat invoice juga menjadi salah satu hal yang sudah biasa untuk dilakukan. Dari pada harus mencari template invoice yang kadang tampilannya tidak menarik, kamu bisa membuatnya secara gratis di paper.id dengan tampilan yang sangat profesional.

Setelah melakukan pendaftaran, kamu harus melakukan beberapa pengaturan seperti pada bagian logo, alamat atau kantor kamu, alamat pembayaran, catatan penting, dan lain sebagainya. Nah setelah hal ini sudah kamu atur, kamu bisa langsung membuat invoice hanya dengan menambahkan alamat pengguna. Fitur ini bisa kamu manfaatkan secara gratis. Selain invoice, disini kamu juga bisa buat kwitansi kok.

2 Banyak Template Invoice

Ingin membuat invoice yang berbeda-beda agar pelanggan tidak bosan dengan invoice yang kamu kirimkan? Jangan kuatir, karena paper.id memiliki banyak template invoice yang siap kita gunakan sesuai dengan kebutuhan. Dan kabar baiknya, tidak hanya pembuatan invoice yang bisa dilakukan dengan cepat, beragam template yang ada disini juga bisa kita akses secara gratis.

3 Pencatatan Jurnal

Entah usaha kamu masuk dalam skala kecil atau menengah, pembukuan atau pencatatan jurnal atas arus keuangan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk mengetahui kinerja keuangan usaha. Jika saat ini kamu belum memiliki kemampuan untuk merekrut akuntan profesional, Paper.id akan memudahkan kamu dalam melakukan hal ini. Ketika kamu membuat invoice, pemasukan akan langsung tercatat dalam fitur penjurnalan yang ada di paper.id. Selain melalui invoice, kamu juga bisa memasukan transaksi lain misalkan pembelian barang, atau hal lainnya. Dengan layanan ini, kamu tidak perlu mengumpulkan kwitansi untuk mencatat pengeluaran.

Kamu akan sangat mudah untuk melihat performa keuangan usaha kamu dengan paper.id, namun jika transaksi tidak menggunakan fitur yang ada di paper.id, misalkan pelanggan tidak menggunakan paper.id, kamu harus memasukannya secara manual agar catatan atas transaksi tercatat di paper.id

4 Pembayaran Digital yang Instant

Jika usaha kamu sudah memanfaatkan website, mungkin kamu pernah mendengar payment gateway yang akan memudahkan kita dalam mengelola pembayaran atas produk kita dengan lebih efisien. Paper.id juga terintegrasi dengan pembayaran digital yang akan mengelola semua pembayaran yang masuk atas invoice yang sudah kamu terbitkan.

Jadi jika kamu belum memiliki nomor rekening yang banyak, agar terlihat secara profesional dan pengelolaannya lebih mudah, kamu bisa mengarahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran invoice melalui paper.id. Semua akan berjalan secara otomatis, dan pihak paper.id akan memberikan notifikasi apakah pembayaran sudah dilakukan oleh pelanggan atau belum.

5 Terdapat Fitur Stock Barang

Mengelola usaha memang sangat kompleks, tidak hanya soal mengatur keuangan saja, pada waktu yang sama kita juga harus memastikan stock barang yang tersedia digudang ada. Kini pencatatan stock barang digudang tidak harus dicatat secara manual. Dengan menggunakan paper.id, kamu bisa memanfaatkan fitur ini dan sekarang pencatatan stock gudang bisa kamu akses dimana saja dan kapan saja.

Alur pencatatanya juga sangat lengkap dimulai dari pencatatan persediaan awal, input lokasi gudang, hingga input pada saat penerimaan barang.

6 Bisa Kirim Tagihan Bulanan

Beberapa usaha seperti dibidang pendidikan atau usaha internet adalah bidang usaha yang pembayarannya dilakukan secara bulanan. Apakah kamu juga memiliki produk yang pembayarannya dilakukan secara bulanan? paper.id memiliki fitur billing dimana kamu bisa mengirim invoice dan tagihan yang dilakukan secara otmatis setiap bulannya. Dengan fitur ini, kamu tidak lagi repot membuat tagihan setiap awal bulan, cukup aktifkan dan lihat apakah pelanggan sudah melakukan pembayaran atau belum.

7 Banyak Fitur Unggulan Lain

Sama seperi platform juara lain yang ada di Indonesia, paper.id tentu saja terus melakukan improvisasi mengenai layanannya, entah perbaikan secara teknis atau menambah layanan yang cocok untuk pemilik usaha. Beberapa layanan lain yang sangat menarik seperti layanan solusi modal kerja, sampai dengan layanan payletter. Kedepannya platform ini pasti akan memberikan banyak layanan lain yang relevan dengan pemilik usaha.

Apakah Paper.ID Aman?

Seperti yang kita tahu bahwa di era digital ini, data adalah salah satu komoditi yang nilainnya sangat luar biasa. Ketika kita menggunakan sebuah tools, seperti tools invoicing dan pengelolaan keuangan, setiap transaksi yang kita catat merupakan salah satu data yang nilainnya sangat penting. Pertanyaanya, apakah paper.id aman untuk digunakan?

Dari penelusuran yang kami lakukan, paper.id sangat berkomitmen terhadap setiap data yang kita input di platform tersebut. Jadi bisa disimpulkan, sejauh ini paper.id sangat aman, dan tentu saja pihaknya akan bertanggung jawab terhadap kesalahan yang mungkin terjadi dikemudian hari.

Apakah Paper.ID Berbayar?

Beragam layanan seperti pembuatan invoice dan akunting tentu saja akan sangat memudahkan kita dalam mengelola usaha. Pertanyaannya, apakah fitur ini bisa kita gunakan secara gratis? Ya, fitur ini bisa gunakan secara gratis. Namun paper.id juga memberikan layanan yang berbayar dimana akan ada banyak fitur unggulan lainnya yang bisa kamu nikmati.

Jika kamu hanya membutuhkan invoicenya dalam bentuk PDF, kamu bisa menggunakan paper.id secara gratis, kami sudah mencobanya.

Cara Daftar Paper.ID

Kami memang merasa sangat terbantu dengan tools yang di hadirkan oleh paper.id, karena tanpa membutuhkan banyak orang, kita bisa mengelola usaha dengan cara yang profesional, khususnya terkait dengan keuangan usaha.  Setelah melihat review diatas, apakah kamu tertarik untuk mendaftar di paper.id? berikut panduan cara mendaftar di Paper.id

  • Silahkan klik DISINI untuk mendaftar menggunakan kode referal dari kami.
  • Isi form yang ada disana, dimulai dari emal dan nama.
  • Jika sudah silahkan klik Daftar.

Jika sudah selesai, silahkan login dan jangan lupa untuk melakukan verifikasi terhadap akun kamu. Lalu lakukan beberapa pengaturan terhadap akun paper.id kamu agar kedepannya lebih mudah untuk digunakan. Beberapa pengaturan yang harus kamu lakukan di paper.id seperti membuat mitra atau memasukan mitra kamu untuk memudahkan membuat invoice, memasukan daftar produk yang dijual lengkap dengan stock yang tersedia, melakukan verifikasi rekening jika kamu memilih untuk menggunakan layanan penerimaan pembayaran dari paper.id.

Ketika kita sudah memiliki cara khusus untuk mengelola usaha, berpindah ke platform lain dan harus belajar dan mengeksplore fitur-fitur yang tersedia memang terasa merepotkan. Namun percayalah, terus belajar dan mencoba hal baru adalah salah satu cara untuk bertahan ditengah pergerakan dunia teknologi yang sangat cepat.

Artikel Terkait

Write A Comment